Pengantar

Secara geografis Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Kondisi tersebut sangat berpotensi sekaligus rawan bencana seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah longsor. Data menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat kegempaan yang tinggi di dunia, lebih dari 10 kali lipat tingkat kegempaan di Amerika Serikat (Arnold, 1986).

Wilayah Indonesia terletak di daerah iklim tropis dengan dua musim yaitu panas dan hujan dengan ciri-ciri adanya perubahan cuaca, suhu dan arah angin yang cukup ekstrim. Kondisi ini dapat menimbulkan beberapa akibat buruk bagi manusia seperti terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan kekeringan. Seiring dengan berkembangnya waktu dan meningkatnya aktivitas manusia, kerusakan lingkungan hidup cenderung semakin parah dan memicu meningkatnya jumlah kejadian dan intensitas bencana hidrometeorologi (banjir, tanah longsor dan kekeringan) yang terjadi secara silih berganti di banyak daerah di Indonesia.

Dari melihat begitu banyaknya bencana yang terjadi juga bahaya yang mengancam, maka SAR Hidayatullah lahir sebagai salah satu lembaga relawan kemanusian.

SAR NAsional Hidayatullah sebagai salah satu lembaga relawan kemanusiaan yang senantiasa aktif dalam aksi tanggap darurat kebencanaan mulai dari level nasional bahkan wilayah, sejak berdiri legalitas hukum SAR Hidayatullah secara resmi telah terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI No; AHU-292.AH.01.04, Tahun 2009 menjadi lembaga kemanusiaan.

Kini SAR Nasional Hidayatullah telah hadir di 22 Indonesia, dengan menjalankan kegiatan dan program Diklat Dasar SAR, Diklat Lanjutan , TOT Instruktur, pelayanan pelatihan Mitigasi bencana bagi masyarakat dengan nama SIGAB (sekolah Indonesia Tanggab, Tangguh dan Aman dari Bencana), operasi bencana yang terjadi di tanah air, serta Sigap Siaga yang bergerak di bidang program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Kantor Pusat

Gedung Dakwah Hidayatullah.
Jl. CIpinang Cempedak I No.14, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13340.
Izin : C-1358.HT.03.01.2002.

Program

Kontak

Telp : +62 8127-7813-940
Mail : pp@sarhidayatullah.com

Copyright©2021 SAR Hidayatullah